Pengertian servis: Pengertian Servis dalam Permainan Bola Voli, dan Cara Melakukannya

Pengertian Servis dalam Permainan Bola Voli, dan Cara Melakukannya

«Inilah cara melakukan servis yang benar dalam permainan.»

Libero.id — Selain smash, istilah servis juga sangat populer dalam permainan bola voli. Secara sederhana, servis dalam bola voli dapat diartikan sebagai pukulan awal (serangan pertama) karena dilakukan untuk mengawali setiap reli atau memulai sebuah permainan.

Menurut kamus Federation Internationale de Volleyball (FIVB), pengertian servis dalam bola voli adalah tanda dimulainya setiap reli. Seorang pemain harus memukul bola dengan tangannya sehingga bola meluncur di atas net untuk mendarat di dalam garis lapangan tim lawan.

Namun, dalam perkembangan olahraga ini, terdapat berbagai pendapat tentang arti servis dalam bola voli. Jika dilihat dari posisi pemain yang melakukannya, servis dapat dimaknai sebagai upaya memasukkan bola ke daerah lawan oleh pemain kanan belakang yang berada di daerah servis, dengan cara memukul bola dengan satu tangannya.

Sementara jika ditinjau dari fungsinya, servis adalah modal bagai tim menyerang untuk dapat memperoleh nilai atau poin. Pasalnya, tim bertahan harus mengembalikan bola servis dari tim yang menyerang. Jika gagal, poin jadi milik tim menyerang.

Dalam permainan bola voli, terdapat 3 macam servis yaitu: servis atas, servis bawah, dan servis atas dengan melompat.

Dalam melakukan servis, pemain dapat menggunakan servis bawah (underhand) atau servis atas (overhand). Tapi, servis yang populer adalah servis sambil melompat di udara (jump service). Sebaliknya, sangat jarang dijumpai dalam pertandingan bola voli level elite ada pemain yang melakukan servis bawah.

1. Teknik Servis Bawah

Servis bawah adalah servis yang paling mudah dalam bola voli. Namun, servis jenis ini juga yang paling mudah diterima oleh tim lawan.

Cara melakukan servis bawah adalah dengan memukul bola dari ketinggian sekitar pinggang pemain yang bertugas menjalankan servis. Bola terlebih dahulu diletakkan di tangan yang tidak dipakai untuk memukul bola. Setelahnya, tangan yang dipakai untuk memukul diayun dari posisi belakang badan, dengan posisi ayunan tangan di bawah.

2. Teknik Servis Atas

Servis atas dilakukan dengan cara memukul bola dengan ayunan tangan dari atas. Gerakan servis ini diawali dengan melambungkan bola di atas kepala, lalu memukulnya dengan ayunan tangan dari atas.

3. Teknik Jump Servis

Servis dengan cara melompat (jump service) dilakukan dengan melemparkan bola ke atas. Setelah itu, pemain yang bertugas melakukan servis berancang-ancang dan melompat, untuk kemudian memukul bola sekuat tenaga dalam keadaan tersebut. Servis jenis ini cukup mematikan bagi tim lawan dan paling populer digunakan di pertandingan bola voli modern.

Kegagalan Servis dalam bola voli

Setiap pemain hanya mendapat satu kesempatan untuk melakukan servis. Sebagai catatan, servis akan tetap sah meski menyentuh net, asal berlanjut ke lapangan lawan.

Sebelum peraturan soal sahnya servis yang menyentuh net dan bergulir ke areal lawan ini diterapkan FIVB, semua servis yang mengenai net berarti mengakhiri reli sehingga poin diberikan kepada tim bertahan. Saat tim yang melakukan servis (tim menyerang) kalah reli, maka mereka kehilangan hak untuk melakukan servis. Tim lawan (tim bertahan) juga mendapatkan keuntungan dengan poin yang diberikan kepada mereka.

Taktik Servis dalam bola voli

Agar servis dapat menghasilkan poin bagi tim menyerang, menurut M. Yunus (1992:138) dalam Olahraga Pilihan Bola Voli terdapat berbagai taktik yang dapat diterapkan sebagai berikut. 

1. Arahkan servis kepada lawan yang kemampuan passingnya lemah. Dengan demikian, ketika pemain tersebut menerima servis, ia akan kesulitan memberikan umpan kepada rekan setimnya untuk mengembalikan bola ke net tim menyerang. 

2. Arahkan servis ke daerah yang kosong. Dengan cara ini, para pemain lawan akan bergerak menyongsong bola dari posisi asal mereka, sehingga ada kemungkinan terlambat menyambut bola. Cara lainnya adalah dengan servis ke arah ruang di antara 2 pemain lawan sehingga mereka gagap menyongsong bola. 

3. Arahkan servis ke sudut lapangan bagian belakang tim bertahan, sehingga para pemain lawan agar lawan sulit mengarahkan bola kepada pengumpan. 

4. Lakukan servis dengan teknik yang berbeda-beda, agar dapat merusak irama permainan lawan sekaligus membuat lawan tidak dapat memprediksi servis apa yang dipakai berikutnya. 

5. Arahkan servis kepada pemain tim bertahan yang terlihat tidak siap, misalnya pemain yang baru saja membuat kesalahan, atau pemain pengganti yang baru saja masuk. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News

pengertian service dalam permainan bola voli

anarikavid1414
anarikavid1414

  • Penjaskes

  • Sekolah Menengah Pertama

terjawab • terverifikasi oleh ahli

  • Noobbbbbbbbbbbbb

MRWAR
MRWAR

Jawaban:

Dalam pertandingan atau permainan bola voli, service adalah sesuatu gerakan melempar bola melewati net menuju ke arah daerah lawan yang dilakukan oleh sebuah tim untuk mengawali sebuah pertandingan.

Penjelasan:

Pada olahraga yang menggunakan net seperti bulutangkis, tenis, tenis meja, sepak takraw dan bola voli, service menjadi hal yang mutlak untuk memulai pertandingan mengingat daerah lawan dan daerah sendiri dibatasi oleh net sehingga tidak ada perebutan bola layaknya dalam olahraga dengan lapangan permainan terbuka seperti bola basket, sepakbola, hoki dan sebagainya.

Servis dalam bola voli dilakukan di awal set dan saat usai berhasil menjatuhkan bola ke daerah lawan yang kosong, lawan melakukan kesalahan, bola mengenai badan pemain lawan serta jika usaha lawan untuk mencetak poin gagal sewaktu pertandingan berlangsung. Fungsi servis adalah mengawali permainan dan tentunya untuk mendapatkan poin.

Ada beberapa cara melakukan servis, yaitu:

  1. servis bawah: servis ini biasanya dilakukan oleh pemain pemula dengan menempatkan bola agak sejajar dengan satu tangan di hadapan pemain yang melakukannya dan tangan lainnya dengan posisi mengepal serta ibu jari lurus menghadap keatas. Bola yang dihasilkan tidak terlalu keras saat melewati net dan cenderung lebih mudah diantisipasi lawan.
  2. servis atas: servis ini umumnya dilakukan oleh pemain yang sudah mahir dengan bola sedikit dilempar dihadapan pemain yang melakukannya dan dipukul menggunakan tangan lain dengan posisi telapak tangan terbuka. Bola dari hasil servis ini melaju lebih keras saat melewati net dan tidak selalu mudah diantisipasi lawan.
  3. kombinasi servis-smash: teknik servis ini lebih sering dilakukan oleh pemain profesional. Bola dilempar keatas lebih dahulu dan pemain melompat dengan posisi telapak tangan terbuka dan menembak bola layaknya melakukan smash jarak jauh. Bola dapat melaju deras melewati net dan cukup sulit dihadang pemain lawan jika si pemain cukup ahli melakukan ini sehingga bisa berpotensi langsung menghasilkan poin.

Pelajari lebih lanjut:

Fungsi servis dalam bola voli     brainly.co.id/tugas/9766578

Detail Jawaban:

Kelas: SMP

Mapel: Penjaskes

Kategori: bola voli

Kode:

Kata kunci: servis, bola voli

Pertanyaan baru di Penjaskes

20 teknik dasar bola basket

suatu regu tim dalam permainan bola kaki berjumlah​

1.

Pengertian Servis dalam Permainan Bola Voli, dan Cara Melakukannya «Inilah cara melakukan servis yang benar dalam permainan.» Libero.id — Selain…